Langsung ke konten utama

5 Negara Terluas di Benua Eropa

Tahukah kamu, bahwa Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua di dunia setelah benua Australia. Benua ini terletak di bagian Utara Bumi.

Saat ini, Benua Eropa ditempati oleh 45 Negara dengan luas wilayah sekitar 10,18 juta km2 dengan jumlah penduduknya sebanyak 738,2 juta jiwa atau sama dengan seperdelapan penduduk dunia.

Benua Eropa secara astronomis berada pada 35° LU - 71° LU dan 11° BB - 66° BT. Serta sebagian besar penduduknya beragama Kristen dan katolik.

Lalu, negara apa saja yang memiliki wilayah terluas di benua terkecil nomor dua di dunia ini? Berikut ini daftar nama negara dan penjelasannya. Yuk, simak!

1. Ukraina

Ukraina

Negara terluas di Benua Eropa yang pertama adalah Negara Ukraina. Negara ini memiliki total luas wilayah sekitar 603.550 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 44.429.471 jiwa.

Luas wilayah Negara Ukrainan terbentang dari daerah Rusia bagian timur sampai dengan Negara Polandia bagian barat.

Ukuran luas negara yang beribu kota di Kiev ini hamper tiga kali luas wilayah Negara Ingris. Negara ini merupakan pecahan dari Uni Soviet dan terletak di bagian Eropa timur.

2. Perancis

Perancis

Negara dengan wilayah terluas kedua di Benua Eropa adalah Negara Prancis. Negara ini memiliki total luas wilayah sekitar 551.500 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 66.553.766 jiwa.

Secara geografis, wilayah Prancis berbatasan dengan Teluk Biscay dan Selat Channel, yang berada di antara wilayah negara Belgia dan Spanyol, serta di sebelah selatan Inggris Raya.

Kemudian negara yang memiliki nama ibu kota Paris ini, juga berbatasan dengan Laut Mediterania di antara Italia dan Spanyol.

3. Spanyol

Spanyol

Spanyol terdapat pada urutan ketiga dalam kategori negara terluas di Benua Eropa, dengan total luas wilayah sekitar 505.370 km2 dengan total jumlah penduduk sekitar 48.146.134 jiwa.

Negara ini terletak di Benua Eropa bagian barat daya dan bertetangga dengan Negara Potugal. Serta ibu kota Negara Spanyol berada di Madrid.

4. Swedia

Swedia

Swedia terdapat pada urutan keempat dalam kategori negara terluas di Benua Eropa, dengan total luas wilayah sekitar 450.295 km2 dengan total jumlah penduduk sekitar 9.801.616 jiwa.

Negara ini berbatasan dengan Norwegia di barat dan Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur.

Negara yang merupakan negara pengimpor sampah terbesar di dunia ini berada di Benua Eropa bagian utara dan ibu kota Negara Swedia berada di kota Stockholm.

 5. Jerman

Jerman

Negara dengan wilayah terluas pada urutan kelima di Benua Eropa adalah Negara Jerman. Negara ini memiliki total luas wilayah sekitar 357.022 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 80.854.408 jiwa.

Secara geografis, wilayah Jerman berbatasan dengan banyak negara mulai dari Negara Prancis, Swiss, Austria, Republik Ceko, Polandia, Denmark, Belanda, Belgia dan terakhir Luxembourg.

Negara ini terletak di benua Eropa bagian tengah dengan ibu kota yang berada di Berlin. Negara ini memiliki terowongan terpanjang di dunia yang diberi nama Gotthard Base Tunnel yang bakal membentang sejauh 57 kilometer.

Demikianlah deretan 5 negara teratas yang memiliki wilayah terluas di Benua Eropa. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kamu ya!

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sungai Terindah Di Eropa

Berlayar di sungai adalah salah satu cara yang menarik dan santai untuk melihat keindahan benua Eropa, melihat kota, wilayah, dan negara dari sudut pandang berbeda serta menjelajahi tujuan menarik lainnya yang mungkin terlewatkan dalam rencana perjalanan liburan kita. Mengikuti rute salah satu sungai terindah di Eropa, seperti Danube, Rhine, atau Rhone, kita akan melintasi pemandangan yang menakjubkan dan melewati desa-desa yang menawan.  Tak heran jika banyak orang memilih untuk melakukan wisata sungai di Eropa.  Buat kalian yang tertarik dan berencana berlibur ke Eropa dan ingin mencoba wisata sungai, berikut kami sajikan 4 rekomendasi sungai terindah di Eropa 1. Sungai Danube Danobe merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa, dan juga salah satu yang paling memukau diantara sungai lainnya. Sungai Danube mengalir melewati 10 negara, serta empat ibu kota (Beograd, Bratislava, Budapest, dan Wina). Yang paling menarik berlayar disungai Danube adalah perjalanan ke Biara Melk yang megah,

Sejarah Benua Eropa

Eropa merupakan suatu benua dengan kondisi daratan terendah di dunia dengan ketinggian rata-rata hanya mencapai 300 meter. Secara geografis, benua ini merupakan slaah satu bagian dari beberapa negara di Asia atau yang disebut dengan Eurosia. Benua Eropa sering kali disebut dengan beberapa julukan seperti Benua Biru, karena mayoritas penduduknya bermata biru, dan Benua Putih karena mayoritas penduduknya berkulit putih. Letak geografis benua Eropa yaitu 710 LU - 350 LS dan 90BB - 660 BT. Memiliki luas 10.900.000 km persegi, benua Eropa membujur dari bagian barat ke timur sejauh 5.300 km dan melintang sejauh 3.950 km. Dahulu, sebanyak 80-90% Eropa merupakan kawasan hutan yang menyebar daei Laut Mediterania sampai Samudra Arctic. Meskipun demikian, hampir separuh hutan awalnya telah menghilang setelah kolonisasi selama berabad-abad. Saat ini, Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia—hutan spruce Skandinavia, hutan pinus yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Kaukasus, da

Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa

Benua Eropa merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi ketika liburan panjang telah tiba. Benua Eropa memang dikenal sebagai benua yang terdiri dari banyak lokasi yang sangat menarik. Namun, selain   destinasi yang dapat memanjakan mata, terjadi ada begitu banyak kuliner tradisional yang dapat kalian coba di sini. Berikut ini beberapa daftar makanan tradisional khas benua Eropa yang wajib banget kamu cobain dikala sedang berlibur ke tempat ini. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya. Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa 1. Shashlyk Kuliner tradisional pertama yang wajib kamu cobain di Eropa adalah Shashlyk. Shashlyk merupakan kuliner tradisional khas Rusia. Makanan ini terbuat dari daging domba, sapi, atau ayam, yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan menggunakan batang yang terbuat dari besi. Biasanya hidangan ini akan ditambah dengan toping nanas atau paprika. 2. Cepavi Kuliner tradisional berikutnya yang wajib kalian kunjun