Langsung ke konten utama

Mengenal Negara Terkaya dan Termiskin di Benua Eropa

Hai sobat blog…

Bicara soal benua Eropa memang tidak ada habisnya. Apalagi, benua ini terkenal sebagai benua dengan banyak negara kaya dan maju. Rata-rata negara di Eropa memang terkenal makmur dan memiliki pendapatan per kapita sangat tinggi.

Meski demikian, masih terdapat beberapa negara miskin di benua tersebut. Bank Sentral Eropa (European Central Bank) baru saja merilis negara terkaya dan termiskin di benua Eropa.

Data itu berdasarkan aset keuangan rumah tangga di 27 negara anggota Uni Eropa pada kuartal IV 2020. Hasilnya, Denmark menjadi negara terkaya di Uni Eropa. Sedangkan warga Rumania dilaporkan sebagai golongan warga termiskin di Uni Eropa.

Lantas, apakah yang menyebabkan hal itu terjadi? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Denmark - Negara Terkaya di Benua Eropa

Negara Denmark atau secara resmi mempunyai nama Kerajaan Denmark merupakan sebuah negara nordik paling kecil yang terletak di bagian paling selatan Semenanjung Skandinavia, Eropa Utara.

Wilayah kekuasaan Denmark meliputi Kepulauan Fyn (Funen), semenajung di Jerman Utara (Jylland atau Jutlandia), Zealand, Vendsyssel-Thy, Lolland, Bornholm, Falster, dan ratusan pulau kecil yang disebut Kepulauan Denmark.

Negara Denmark beribu kota di Kopenhagen ini memiliki luas wilayah sekitar 43.094 km persegi. Berbeda dengan negara lain yang berada di Eropa, dapat dikatakan jika negara ini termasuk sebagai negara kepulauan.

Jumlah populasi penduduk Denmark di tahun 2020 ada sekitar 5.792.202 jiwa. Sebagian besar penduduknya tinggal di wilayah perkotaan.

Penduduk asli negara Denmark adalah etnis Denmark atau Danes yang merupakan etnis terbesar di negara ini. Agama yang menjadi mayoritas di Denmark adalah Kristen Evangelikalisme Lutheran.

Sementara untuk ekonominya, negara ini menerapkan ekonomi campuran modern di mana di dalamnya menerapkan standar kehidupan yang nyaman, tingkat layanan dan transfer pemerintahan tinggi, serta ketergantungan yang juga tinggi terhadap perdagangan luar negeri.

Masyarakat Denmark rata-rata memiliki 1,88 juta Krona Denmark atau setara Rp 4,3 miliar dalam aset keuangan pada kuartal keempat tahun 2020.

Meski begitu, warga Denmark rata-rata memiliki utang yang cukup tinggi hingga 566 ribu Krona atau setara Rp 1,3 miliar.

Hal ini juga ditegaskan bank sentral Denmark, Danmarks Nationalbank, yang menyatakan sebagian besar utang berada di bank di mana sebesar 86% diisi oleh utang jaminan dengan real estate.

"Dengan demikian, utang Denmark sebagian besar diimbangi oleh nilai kekayaan perumahan, yang tidak termasuk dalam kekayaan finansial," bank sentral menjelaskan.

Lebih lanjut, bank sentral Denmark juga menekankan bahwa meskipun kekayaan ini adalah rata-rata, ada perbedaan yang signifikan antara individu.

Misalnya warga dengan pendapatan terbesar cenderung memiliki lebih banyak aset dan kewajiban, sementara orang yang lebih tua cenderung memiliki pensiun yang lebih besar.

Rumania - Negara Termiskin di Benua Eropa

Salah satu negara yang berada di antara Eropa Tengah dan Eropa Tenggara, negara Rumania berada di urutan ke-9 sebagai negara dengan wilayah terluas di Benua Eropa serta jumlah penduduk terbesar ke-7 di Uni Eropa.

Menurut sejarah, negara Rumania terbentuk dari penyatuan wilayah Moldavia dan Wallachia di tahun 1859.

Negara Rumania mempunyai ibu kota bernama Bukares yang juga menjadi kota terbesar, bahkan menjadi salah satu kota terbesar ke-6 di Uni Eropa. Luas negara Rumania mencapai 238.391  km persegi, berbatasan dengan negara:

Di tahun 2019, jumlah populasi penduduk negara Rumania mencapai 19,41 juta jiwa, angkat tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun 2011 yang mencapai 21.413.815 jiwa.

Penduduk Rumania sebagian besar merupakan bangsa Rumania, namun ada juga etnis minoritas yang tinggal di negara ini seperti Hongaria dan Rom.

Sama halnya dengan negara Denmark, Rumania juga menerapkan ekonomi campuran dengan pendapatan tergolong menengah ke atas dan pertumbuhan yang cukup pesat di mana Indeks Pembangunan Manusia tinggi dan tenaga kerja terampil.

Dari data Bank Sentral Eropa, Rumania merupakan negara dengan rumah tangga termiskin di Uni Eropa dengan rata-rata aset keuangan sebesar 80.000 krona Denmark atau sekitar Rp 184,59 juta.

Nah, itulah seputar informasi mengenai negara terkaya dan termiskin di benua Eropa. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sungai Terindah Di Eropa

Berlayar di sungai adalah salah satu cara yang menarik dan santai untuk melihat keindahan benua Eropa, melihat kota, wilayah, dan negara dari sudut pandang berbeda serta menjelajahi tujuan menarik lainnya yang mungkin terlewatkan dalam rencana perjalanan liburan kita. Mengikuti rute salah satu sungai terindah di Eropa, seperti Danube, Rhine, atau Rhone, kita akan melintasi pemandangan yang menakjubkan dan melewati desa-desa yang menawan.  Tak heran jika banyak orang memilih untuk melakukan wisata sungai di Eropa.  Buat kalian yang tertarik dan berencana berlibur ke Eropa dan ingin mencoba wisata sungai, berikut kami sajikan 4 rekomendasi sungai terindah di Eropa 1. Sungai Danube Danobe merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa, dan juga salah satu yang paling memukau diantara sungai lainnya. Sungai Danube mengalir melewati 10 negara, serta empat ibu kota (Beograd, Bratislava, Budapest, dan Wina). Yang paling menarik berlayar disungai Danube adalah perjalanan ke Biara Melk yang megah,

Sejarah Benua Eropa

Eropa merupakan suatu benua dengan kondisi daratan terendah di dunia dengan ketinggian rata-rata hanya mencapai 300 meter. Secara geografis, benua ini merupakan slaah satu bagian dari beberapa negara di Asia atau yang disebut dengan Eurosia. Benua Eropa sering kali disebut dengan beberapa julukan seperti Benua Biru, karena mayoritas penduduknya bermata biru, dan Benua Putih karena mayoritas penduduknya berkulit putih. Letak geografis benua Eropa yaitu 710 LU - 350 LS dan 90BB - 660 BT. Memiliki luas 10.900.000 km persegi, benua Eropa membujur dari bagian barat ke timur sejauh 5.300 km dan melintang sejauh 3.950 km. Dahulu, sebanyak 80-90% Eropa merupakan kawasan hutan yang menyebar daei Laut Mediterania sampai Samudra Arctic. Meskipun demikian, hampir separuh hutan awalnya telah menghilang setelah kolonisasi selama berabad-abad. Saat ini, Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia—hutan spruce Skandinavia, hutan pinus yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Kaukasus, da

Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa

Benua Eropa merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi ketika liburan panjang telah tiba. Benua Eropa memang dikenal sebagai benua yang terdiri dari banyak lokasi yang sangat menarik. Namun, selain   destinasi yang dapat memanjakan mata, terjadi ada begitu banyak kuliner tradisional yang dapat kalian coba di sini. Berikut ini beberapa daftar makanan tradisional khas benua Eropa yang wajib banget kamu cobain dikala sedang berlibur ke tempat ini. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya. Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa 1. Shashlyk Kuliner tradisional pertama yang wajib kamu cobain di Eropa adalah Shashlyk. Shashlyk merupakan kuliner tradisional khas Rusia. Makanan ini terbuat dari daging domba, sapi, atau ayam, yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan menggunakan batang yang terbuat dari besi. Biasanya hidangan ini akan ditambah dengan toping nanas atau paprika. 2. Cepavi Kuliner tradisional berikutnya yang wajib kalian kunjun