Langsung ke konten utama

Daftar Negara di Benua Eropa Lengkap dengan Ibu Kotanya

 


Benua Eropa merupakan satu dari lima benua yang ada di dunia. Eropa bukan suatu benua tersendiri, melainkan merupakan semenanjung di Asia. Bila kita lihat secara geografis, Benua Eropa adalah satu bagian dengan Negara di Benua Asia hal ini disebut dengan Eurasia.

Eropa menjadi benua dengan dataran terendah di dunia, ketinggian rata-rata hanya mencapai 300 m. walaupun demikian, Negara Eropa lebih merata kemajuannya, baik dari segi ekonomi, pendidikan dan sebagainya.

Negara-negara di Benua Eropa memiliki perkumpulan yang disebut dengan Uni Eropa. Dalam perkumpulan tersebut, Uni Eropa mengatur aspek yang berhubungan dengan bidang politik, ekonomi dan kebijakan antarnegara anggota.

Tak hanya itu, Negara-negara yang berada di Benua Eropa memiliki mata uang bersama yang dinamakan Euro. Benua Eropa juga dijuluki sebagai Benua Biru, karena mayoritas penduduk bermata biru, dan Benua Putih karena mayoritas penduduknya berkulit putih.

Benua Eropa terdiri dari 48 Negara yang terbentang dari Islandia di Barat hingga Rusia yang luas di bagian Timur. Sepanjang sejarah, Negara-negara di Eropa juga menyebarkan pengaruh, budaya dan teknologi ke seluruh dunia.

Berikut adalah daftar Negara-negara yang ada di Benua Erop lengkap dengan ibu kotanya.

1. Eropa Barat



Nama Negara Eropa Barat - Ibu Kota

Jerman - Berlin

Perancis - Paris

Belanda - Amsterdam

Belgia - Brussel

Austria - Wina

Swiss - Bern

Luksemburg - Luxembourg City

Monako - Monako

Liechtenstein – Vaduz


2. Eropa Timur


Nama Negara Eropa Timur - Ibu Kota

Rusia - Moskow

Ukraina - Kiev

Polandia - Warsaw

Rumania - Bucharest

Republik Ceko - Praha

Hungaria - Budapest

Belarus - Minsk

Bulgaria – Sofia

 Slovakia - Bratislava

Moldova – Chisinau

3. Eropa Selatan


Nama Negara - Ibu Kota

Italia - Roma

Spanyol - Madrid

Yunani - Athena

Portugal - Lisbon

Serbia - Belgrade

Kroasia - Zagreb

Bosnia & Herzegovina - Sarajevo

Albania - Tirana

Makedonia - Skopje

Slovenia - Ljubljana

Montenegro - Podgorica

Malta - Valletta

Andora - Andorra la Vella

San Marino - San Marino

Vatikan - Vatikan City

Siprus - Nicosia

4. Eropa Utara



Nama Negara - Ibu Kota

Inggris (Britania Raya) - London

Swedia - Stockholm

Denmark - Kopenhagen

Finlandia - Helsinki

Norwegia - Oslo

Irlandia - Dublin

Lithuania - Vilnius

Latvia - Riga

Estonia - Talinn

Islandia - Reykjavik

 

Karakteristik Benua Eropa


Iklim di Benua Eropa terdapat 4 iklim, yaitu:

1. Iklim Mediterania

Iklim mediterania memiliki karakteristik musim dingin yang sejuk dan musim panas yang sangat kering.

2. Iklim Kontinental

Iklim Kontinental memiliki karakteristik suhu yang jauh lebih sejuk. Perbedaan musim dingin dan panas tergolong ekstrim. Iklim ini bisa dijumpai di Eropa bagian tengah.

3. Iklim Sedang

Iklim sedang ini dipengaruhi laut memiliki karakteristik curah hujan yang tinggi, dan musim dingin yang tidak terlalu ekstrim. Sedangkan yang dipengaruhi daratan memiliki musim hujan dingin yang ekstrim.

4. Iklim Subartik

Iklim ini memiliki karakteristik suhu yang dingin sangat rendah ketika sedang musim dingin tiba.

Nah, itu tadi informasi tentang daftar Negara yang ada di Eropa. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kamu seputar Negara Eropa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sungai Terindah Di Eropa

Berlayar di sungai adalah salah satu cara yang menarik dan santai untuk melihat keindahan benua Eropa, melihat kota, wilayah, dan negara dari sudut pandang berbeda serta menjelajahi tujuan menarik lainnya yang mungkin terlewatkan dalam rencana perjalanan liburan kita. Mengikuti rute salah satu sungai terindah di Eropa, seperti Danube, Rhine, atau Rhone, kita akan melintasi pemandangan yang menakjubkan dan melewati desa-desa yang menawan.  Tak heran jika banyak orang memilih untuk melakukan wisata sungai di Eropa.  Buat kalian yang tertarik dan berencana berlibur ke Eropa dan ingin mencoba wisata sungai, berikut kami sajikan 4 rekomendasi sungai terindah di Eropa 1. Sungai Danube Danobe merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa, dan juga salah satu yang paling memukau diantara sungai lainnya. Sungai Danube mengalir melewati 10 negara, serta empat ibu kota (Beograd, Bratislava, Budapest, dan Wina). Yang paling menarik berlayar disungai Danube adalah perjalanan ke Biara Melk yang megah,

Sejarah Benua Eropa

Eropa merupakan suatu benua dengan kondisi daratan terendah di dunia dengan ketinggian rata-rata hanya mencapai 300 meter. Secara geografis, benua ini merupakan slaah satu bagian dari beberapa negara di Asia atau yang disebut dengan Eurosia. Benua Eropa sering kali disebut dengan beberapa julukan seperti Benua Biru, karena mayoritas penduduknya bermata biru, dan Benua Putih karena mayoritas penduduknya berkulit putih. Letak geografis benua Eropa yaitu 710 LU - 350 LS dan 90BB - 660 BT. Memiliki luas 10.900.000 km persegi, benua Eropa membujur dari bagian barat ke timur sejauh 5.300 km dan melintang sejauh 3.950 km. Dahulu, sebanyak 80-90% Eropa merupakan kawasan hutan yang menyebar daei Laut Mediterania sampai Samudra Arctic. Meskipun demikian, hampir separuh hutan awalnya telah menghilang setelah kolonisasi selama berabad-abad. Saat ini, Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia—hutan spruce Skandinavia, hutan pinus yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Kaukasus, da

Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa

Benua Eropa merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi ketika liburan panjang telah tiba. Benua Eropa memang dikenal sebagai benua yang terdiri dari banyak lokasi yang sangat menarik. Namun, selain   destinasi yang dapat memanjakan mata, terjadi ada begitu banyak kuliner tradisional yang dapat kalian coba di sini. Berikut ini beberapa daftar makanan tradisional khas benua Eropa yang wajib banget kamu cobain dikala sedang berlibur ke tempat ini. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya. Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa 1. Shashlyk Kuliner tradisional pertama yang wajib kamu cobain di Eropa adalah Shashlyk. Shashlyk merupakan kuliner tradisional khas Rusia. Makanan ini terbuat dari daging domba, sapi, atau ayam, yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan menggunakan batang yang terbuat dari besi. Biasanya hidangan ini akan ditambah dengan toping nanas atau paprika. 2. Cepavi Kuliner tradisional berikutnya yang wajib kalian kunjun