Langsung ke konten utama

Benua di Sebelah Selatan Eropa

Benua di Sebelah Selatan Eropa

Jika kalian bermain Teka-teki Silang (TTS), maka kemungkinan kalian akan menemukan pertanyaan tentang benua apa yang berada di sebelah selatan Eropa.

Untuk menjawabnya, kalian tidak perlu pusing karena kita akan membahas secara detail untuk pertanyaan itu.

Benua di sebelah selatan eropa adalah Afrika. Hal ini tampak jelas jika kita melihat peta dunia.

Benua eropa merupakan salah satu benua yang ada di dunia dan memiliki ukuran terkecil setelah Australia.

Di bagian barat benua eropa berbatasan dengan Samudra Atlantik, sebuah Samudra yang meliputi sekitar 1/5 permukaan yang ada di bumi.

Lalu, di bagian utara benua Eropa berbatasan dengan Samudera Arktik, yang berlokasi di belahan utara bumi atau biasa disebut dengan Kutub Utara.

Kemudian, di bagian timur benua Eropa terhubung langsung dengan daratan benua Asia melalui pegunungan Ural.

Sedangkan di bagian selatan benua Eropa, terdapat benua Afrika melaluli Laut Tengah (Laut Mediteriana), dan berbagai selat seperti Selat Gibraltar (antara Spanyol di Eropa dan Maroko di Afrika) serta Selat Sisilia (antara Italia di bagian Eropa dan Tunis di bagian Afrika).

Lokasi benua yang berdekatan ini menyebabkan banyak perpindahan dan invasi antara kedua belah pihak (Eropa dengan yang lain). Misalnya saja, bangsa Arab dan Barber yang menaklukkan Spanyol pada tahun 711-1492 Sebelum Masehi (SM).

Lalu, ada bangsa Prancis yang menaklukkan Algeria dan Tunisia pada tahun 1830-1962.

Kemudian ada sejarah Italia yang menduduki Libya pada tahun 1911-1945.

Sebenarnya, benua yang paling dekat dengan daratan Eropa adalah benua Afrika, tepatnya Afrika Utara yang didominasi oleh padang pasir terluas di dunia, yakni Gurun Sahara.

Afrika sendiri merupakan benua terbesar kedua di dunia dan terbanyak dalam hal penduduk setelah Asia.

Afrika meliputi 20 persen dari total daratan yang ada di bumi. Benua ini berisi 54 negara berdaulat yang sepenuhnya diakui.

Meski banyak yang bilang Afrika adalah tanah terkutuk karena sulitnya air, peperangan saudara, hingga busung lapar, namun hal itu tak sepenuhnya benar.

Alam Afrika adalah alam yang sungguh luar biasa Indah. Berbagai jenis fauna dapat hidup dengan beragam di sana. Bahkan, sungai terpanjang di dunia terdapat di Afrika, yakni Sungai Nil.

Nah, itu lah sedikit pembahasan tentang benua di sebelah benua Eropa. Selain menemukan jawaban atas TTS, semoga artikel ini juga bermanfaat ya demi pengetahuanmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sungai Terindah Di Eropa

Berlayar di sungai adalah salah satu cara yang menarik dan santai untuk melihat keindahan benua Eropa, melihat kota, wilayah, dan negara dari sudut pandang berbeda serta menjelajahi tujuan menarik lainnya yang mungkin terlewatkan dalam rencana perjalanan liburan kita. Mengikuti rute salah satu sungai terindah di Eropa, seperti Danube, Rhine, atau Rhone, kita akan melintasi pemandangan yang menakjubkan dan melewati desa-desa yang menawan.  Tak heran jika banyak orang memilih untuk melakukan wisata sungai di Eropa.  Buat kalian yang tertarik dan berencana berlibur ke Eropa dan ingin mencoba wisata sungai, berikut kami sajikan 4 rekomendasi sungai terindah di Eropa 1. Sungai Danube Danobe merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa, dan juga salah satu yang paling memukau diantara sungai lainnya. Sungai Danube mengalir melewati 10 negara, serta empat ibu kota (Beograd, Bratislava, Budapest, dan Wina). Yang paling menarik berlayar disungai Danube adalah perjalanan ke Biara Melk yang megah,

Sejarah Benua Eropa

Eropa merupakan suatu benua dengan kondisi daratan terendah di dunia dengan ketinggian rata-rata hanya mencapai 300 meter. Secara geografis, benua ini merupakan slaah satu bagian dari beberapa negara di Asia atau yang disebut dengan Eurosia. Benua Eropa sering kali disebut dengan beberapa julukan seperti Benua Biru, karena mayoritas penduduknya bermata biru, dan Benua Putih karena mayoritas penduduknya berkulit putih. Letak geografis benua Eropa yaitu 710 LU - 350 LS dan 90BB - 660 BT. Memiliki luas 10.900.000 km persegi, benua Eropa membujur dari bagian barat ke timur sejauh 5.300 km dan melintang sejauh 3.950 km. Dahulu, sebanyak 80-90% Eropa merupakan kawasan hutan yang menyebar daei Laut Mediterania sampai Samudra Arctic. Meskipun demikian, hampir separuh hutan awalnya telah menghilang setelah kolonisasi selama berabad-abad. Saat ini, Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia—hutan spruce Skandinavia, hutan pinus yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Kaukasus, da

Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa

Benua Eropa merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi ketika liburan panjang telah tiba. Benua Eropa memang dikenal sebagai benua yang terdiri dari banyak lokasi yang sangat menarik. Namun, selain   destinasi yang dapat memanjakan mata, terjadi ada begitu banyak kuliner tradisional yang dapat kalian coba di sini. Berikut ini beberapa daftar makanan tradisional khas benua Eropa yang wajib banget kamu cobain dikala sedang berlibur ke tempat ini. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya. Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa 1. Shashlyk Kuliner tradisional pertama yang wajib kamu cobain di Eropa adalah Shashlyk. Shashlyk merupakan kuliner tradisional khas Rusia. Makanan ini terbuat dari daging domba, sapi, atau ayam, yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan menggunakan batang yang terbuat dari besi. Biasanya hidangan ini akan ditambah dengan toping nanas atau paprika. 2. Cepavi Kuliner tradisional berikutnya yang wajib kalian kunjun