Langsung ke konten utama

6 Negara Terkecil di Benua Eropa, Berikut Daftarnya

 


Tahukah kamu, bahwa saat ini rekor negara terkecil di dunia berada di benua Eropa? Negara itu adalah Vatikan. Negara ini tidak sampai 1KM persegi dan hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 825 pada data tahun 2019.

Namun tidak hanya Vatikan saja, masih banyak negara-negara terkecil di dunia yang berada di benua Eropa. Hal itu dipengaruhi oleh luas wilayah yang dimiliki benua Eropa itu sendiri. Memang, benua Eropa adalah benua terkecil kedua di dunia setelah Australia saat ini dan di dalamnya ada banyak sekali negara-negara kecil.

Saat ini, luas wilayah benua Eropa hanya sekitar 10,53 juta KM persegi. Wajar saja terdapat negara yang hanya memiliki luas wilayah 1KM saja seperti Vatikan. Akan tetapi tidak hanya Vatikan saja loh yang menjadi negara terkecil di benua Eropa.

Di bawah ini kami akan memberikan daftar negara terkecil di benua Eropa yang wajib kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu.

1. Vatikan


Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Vatikan adalah negara terkecil di dunia saat ini yang letaknya berada di benua Eropa. Negara ini hanya memiliki luas wilayah 0,44KM persegi, bahkan tidak sampai 1KM.

Meksipun kecil, Vatikan adalah sebuah negara yang menjadi tahta suci bagi umat katolik dan dijadikan sebagai pusat geraja Katolik.

2. Monako


Negara terkecil selanjutnya adalah Monako. Monako memiliki luas wilayah 2,02KM persegi dan hanya memiliki 38.000 penduduk. Meskipun memiliki jumlah penduduk yang sedikit, namun 30% dari jumlah penduduk Monako adalah milyader dunia.

Selain itu, banyak sekalu turis asing dan wisatawan dunia yang berkunjung ke Monako untuk bersenang-senang dengan daerah wisatanya yang aestetik. Bisa dibilang Monako dapat menjadi salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi nantinya.

3. San Marino


San Marino adalah salah satu negara terkecil di benua Eropa dan termasuk ke dalam negara terkecil di dunia sama seperti Vatikan dan Monako. Negara yang berada di tengah-tengah Italia ini memiliki luas wilayah 61KM dan memiliki populasi sekitar 33.785 jiwa.

Hal unik yang dimiliki oleh negara ini adalah, San Marino merupakan salah satu kota terbersih saat ini. Disana, sangat jarang kendaraan bermotor berlalu Lalang jadi tidak aka nada kemacetan dan polusi udara yang terjadi.

4. Liechtenstein


Negara terkecil di benua Eropa selanjutnya adalah Liechtenstein. Liechtenstein memiliki luas wilayah 160KM persegi dengan total populasi sekitar 38.000-39.000. Negara ini mengandalkan sektor pariwisatanya untuk menaikkan faktor ekonominya.

Meskipun kecil, Liechtenstein menjadi salah satu negara terkaya di dunias aat ini berdasarkan PDB per kapita. Jadi jangan sepepel dengan negara kecil satu ini ya.

5. Malta


Malta adalah sebuah negara bekas jajahan Inggris yang memiliki luas wilayah 316KM persegi. Negara ini terletak di tengah laut Mediterania dan dipimpin oleh beberapa etnis seperti Romawi, Yunani, Arab, dan lain sebagainya.

Malta juga terdiri dari 3 pulau yakni Pulau Malta, Gozo, dan Comino. Sebagai negara yang kental akan agamanya, Malta memiliki jumlah gereja sebanyak 365 dan hampir 90% penduduknya beragama Katolik Roma.

6. Andorra


Andorra adalah salah satu negara yang paling indah saat ini. Bahkan angka harapan hidup di negara kecil di benua Eropa ini sangat tinggi karena negara ini dikelilingin oleh hamparan rumput. Tidak hanya itu, keamanan di negara ini juga sangat terjamin dan jauh dari kebisingan kota.

Jika kamu berkunjung ke negara yang satu ini, mungkin kamu dapat merasakan kesejukan dan adem karena suasananya yang sangat tenang. Selain itu kamu juga adpat melihat banyak sekali biri-biri dan sapi memakan rumput dengan damai.

Itulah 6 negara terkecil di benua Eropa yang wajib kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kalian baca. Jadi, negara mana yang ingin kamu kunjungi?

Baca juga: 15 Negara paling kecil di dunia

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sungai Terindah Di Eropa

Berlayar di sungai adalah salah satu cara yang menarik dan santai untuk melihat keindahan benua Eropa, melihat kota, wilayah, dan negara dari sudut pandang berbeda serta menjelajahi tujuan menarik lainnya yang mungkin terlewatkan dalam rencana perjalanan liburan kita. Mengikuti rute salah satu sungai terindah di Eropa, seperti Danube, Rhine, atau Rhone, kita akan melintasi pemandangan yang menakjubkan dan melewati desa-desa yang menawan.  Tak heran jika banyak orang memilih untuk melakukan wisata sungai di Eropa.  Buat kalian yang tertarik dan berencana berlibur ke Eropa dan ingin mencoba wisata sungai, berikut kami sajikan 4 rekomendasi sungai terindah di Eropa 1. Sungai Danube Danobe merupakan sungai terpanjang kedua di Eropa, dan juga salah satu yang paling memukau diantara sungai lainnya. Sungai Danube mengalir melewati 10 negara, serta empat ibu kota (Beograd, Bratislava, Budapest, dan Wina). Yang paling menarik berlayar disungai Danube adalah perjalanan ke Biara Melk yang megah,

Sejarah Benua Eropa

Eropa merupakan suatu benua dengan kondisi daratan terendah di dunia dengan ketinggian rata-rata hanya mencapai 300 meter. Secara geografis, benua ini merupakan slaah satu bagian dari beberapa negara di Asia atau yang disebut dengan Eurosia. Benua Eropa sering kali disebut dengan beberapa julukan seperti Benua Biru, karena mayoritas penduduknya bermata biru, dan Benua Putih karena mayoritas penduduknya berkulit putih. Letak geografis benua Eropa yaitu 710 LU - 350 LS dan 90BB - 660 BT. Memiliki luas 10.900.000 km persegi, benua Eropa membujur dari bagian barat ke timur sejauh 5.300 km dan melintang sejauh 3.950 km. Dahulu, sebanyak 80-90% Eropa merupakan kawasan hutan yang menyebar daei Laut Mediterania sampai Samudra Arctic. Meskipun demikian, hampir separuh hutan awalnya telah menghilang setelah kolonisasi selama berabad-abad. Saat ini, Eropa masih memiliki seperempat dari seluruh hutan dunia—hutan spruce Skandinavia, hutan pinus yang luas di Russia, hutan hujan chestnut Kaukasus, da

Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa

Benua Eropa merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi ketika liburan panjang telah tiba. Benua Eropa memang dikenal sebagai benua yang terdiri dari banyak lokasi yang sangat menarik. Namun, selain   destinasi yang dapat memanjakan mata, terjadi ada begitu banyak kuliner tradisional yang dapat kalian coba di sini. Berikut ini beberapa daftar makanan tradisional khas benua Eropa yang wajib banget kamu cobain dikala sedang berlibur ke tempat ini. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya. Kuliner Tradisional Khas Benua Eropa 1. Shashlyk Kuliner tradisional pertama yang wajib kamu cobain di Eropa adalah Shashlyk. Shashlyk merupakan kuliner tradisional khas Rusia. Makanan ini terbuat dari daging domba, sapi, atau ayam, yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan menggunakan batang yang terbuat dari besi. Biasanya hidangan ini akan ditambah dengan toping nanas atau paprika. 2. Cepavi Kuliner tradisional berikutnya yang wajib kalian kunjun